Sabtu, 03 Mei 2014

Good bye, UAS !!!

Assalamualaikum.

Wey ! dirumah lagi bengong tanpa arah dan tujuan hidup tetiba inget kata-kata seorang temen dari jurusan lain di whatsap,

 "gue ga ngampus hari ini, libur. soalnya hari senin gue UAS "

Pikiran gue langsung menerawang kemasa lalu...UAS, apa itu UAS? gue hilang ingatan seketika.
hih gaya bangeeet, mentang-mentang sekarang jadi anak semester akhir, udah ga pernah ngalamin yang namanya UAS lagi, sampe lupa begini haha 

Tapiii, UAS itu apa sih? ga tau UAS?  itu loh binatang UAS... kaya buaya, singa, harimau, ya gitu deh pokoknya.  Serem kan? hiiih

UAS itu Ujian Akhir Semester. pasti tau lah ya gausah pake di jelasin segala, ribet, rempong, ngabisin tenaga gue aja buat ngetiknya. eh tapi yaudah deh, gue jelasin aja, gue kasih tauin aja, daripada ada rahasia  diantara kita~ tsaah ilaah

Jadi UAS itu biasanya ujian yang dilakukan setiap akhir semester di suatu perkuliahan, dari UAS ini nantinya akan melahirkan sesuatu yang disebut dengan IP, indeks Prestasi. ya gitu lah pokoknya.

2 minggu lalu gue lagi ada dikampus, gue sengaja dateng siang mau nemuin dosen pembimbing  buat ngasiin hasil revisian tugas akhir. tiba-tiba dikampus banyak banget mahasiswa yang pada gentayangan dan mereka pada pake kemeja putih + celana/rok bahan hitam.

Sesaat gue panik," ih itu kan seragam buat UAS, kok gue ga pake? mampus ! bisa ga dibolehin masuk ruangan uas  kalo ga pake item putih. huaa"

bodoh banget, untung gue langsung inget kalo gue udah semester akhir dan ga bakal ngalamin UAS lagi dikampus. heuu ngapain tadi pake panik segalaaa. itu yang pada pake baju item putih kan adek tingkat semua yang pada mau uas, gue ngepain ikutan panik karena ga pake baju item putih. cemana pula -__-

Eh tapi, gara-gara ngeliat mereka mondar-mandir keluar masuk ruang uas, gue jadi inget deh sama uas-uas gue  tempo doeloe, pas masih semester satu, semester dua, semester tiga, semester dulu...dulu...duluuu. haha

terus gue jadi ngubek-ngubek laptop dan nemu foto-foto pas terakhir kali ngerasain yang namanya UAS dikampus. gue masukin ke blog deh yaaa, biar jadi kenangan dan memori dimasa tua nanti. cailah gaya bener.



ini pake kemeja putih + rok warna krem. itu seragam khusus jurusan gue, tapi dipakenya cuma kalo UAS hari senin sama kamis aja, sisanya ya pake baju hitam putih lagi. Pas kuliah pake baju bebas.



ini foto sama anak-anak kosan pas mau berangkat UAS terakhir kalinya, sengaja  berangkat UASnya rame-rame  kaya jamaah haji. siapa tau uasnya lebih di ridhoi Alloh swt, ya gak? :")))

Leni-Nadia-gue (yang paling ujung deket jendela). Ini pas lagi ngerjain UAS, kaga ada angin, ga ada hujan, tau-tau di fotoin sama temen dari luar pintu ruangan -_-

Iya foto yang itu di ambil sama temen gue, Suci. Dia udah kelar ngerjain soal, akhirnya dia keluar ruangan duluan, dan mungkin dia bete nunggu di depan, jadinya malah iseng motoin yang lagi UAS, hadeeh sucii ckck

Liat deh posisi duduk gue, paling depan ! gue bingung sama takdir yang di tentukan oleh yang kuasa, dari awal semester 1 sampe trakhir uas kemaren, cuma satu kali gue kebagian duduk dibelakang, sisanya? DI DEPAN ! iya, didepan pengawas pula. sureeeem, tatap-tatapan mulu sama pengawas, entar kalo cinlok gimanaaa :(((


ini... kalo ini gue yang iseng foto bangkunya pas pulang. buat kenang-kenangan aja sih, karena selalu duduk didepan meja pengawas. tempat keramat harus diabadikan -__-haha

di kampus ini, khususnya di jurusan Farmasi  (ga tau kalo dijurusan lainnya). kalo pas UAS itu duduknya masih pake nomer peserta, jadi gak ada tuh yang namanya " Tempat duduk menentukan masa depan"  yang berlaku disini itu "nomer urut absen mu menentukan masa depan dan segalanya !"
Iyaaa, soalnya dikampus ini urutan tempat duduk kita pas UAS ditentuin dari nomer urut absen, jadi duduknya harus sesuai sama nomer yang ada dikartu peserta, jadul ye kaya UN SMA? ya gitu lah kampus gue, masih pake no peserta segala. Yang Zonk ya kaya gue ini, punya absen yang selalu kebagian duduk di depan, nasiiib. Besok-besok ganti nama deh pake huruf  Z , biar bisa absen paling akhir dan duduk dibelakang -__-

Yang  namanya ujian, mau belajar sekuat apapun pasti pernah dong ngalamin ada satu atau dua soal susah dan  kita gak tau jawabannya, nah gegara posisi gue yang amat sangat menyedihkan itu,  gue jadi susah banget kalo mau melancarkan misi Bertanya-pada-teman-saat-tidak-tahu-jawaban. Yang ada tiap  gue lagi kebingungan, gue cuma bisa diem bengong gemeteran sambil nunggu hidayah dari Alloh swt pemilik alam semesta buat bantu gue supaya bisa jawab soal -__-

ujian ga bisa nanya temen kaya gitu, hatiku hampaaa !!! padahal kan malu bertanya sesat dijalan :(((

Tapi gapapa sih, ada efek positifnya juga gue duduk didepan kaya gitu, tiap malem uas bawaanya jadi panik, ujung-ujungnya jadi berjuang buat belajar sebanyaaak mungkin supaya bisa jawab soal dan ternyata hasilnya juga ga ngecewain amat, lumayan laaah, yang penting IP masih di atas 3. seenggaknya nilai gak dibawah garis kemiskinan. alhamdulillah aman terkendali ! :D



Nah ini baru keluar ruangan kelar uas, tetiba gue sadar  kenapa pake foto-foto segala yaaa. lama-kelamaan jadi kaya anak alay gini dah, apa-apa di fotoin.  Yaudahlah maklumin aja, namanya juga ABG. haha pret -__-

yaaa...gitu deh beberapa foto pas uas terakhir dikampus, agak sedih sih yaaa sebenernya. udah ga bakal UAS lagi, bukan ! bukan sedih karena UAS menghilang, tapi sedih karena bakal ngejalanin hal yang lebih pusing dari uas, iya bener... tugas akhir ! huaa mendingan galau gara-gara UAS deh, palingan beberapa hari juga kelar. lah ini? tugas akhir, pusingnya berbulan-bulan baru bisa kelar. Kalo disuruh milih  antara pusing UAS atau pusing ngerjain Tugas akhir, gue sih 100% bakal milih GOLPUT !!! haha iyalah, mendingan nyantai tanpa pusing pelajaran kan?

Tapi emang bakal kangen juga sih sama suasana malem UAS dikosan, kamar berantakan sama fotokopi dan printout powerpoint materi dari dosen,  belajar bareng sama anak kosan, latihan ngerjain soal bareng, bedah diktat bareng, begadang bareng, sampe pada bikin kopi biar kuat begadangnya, karena emang banyak materi yang harus dipelajarin, jadi inget dulu pernah pusing banget belajar Statistika di kamarnya Bela rame-rame, belajar sampe lewat tengah malem, tiba-tiba ada alumni yang ngirimin Foto makanan, kalo ga salah bang Harry deh, dia ngirim foto empek-empek dari jogja  di group chat. Alhasil kita yang lagi pusing belajar malah jadi laper dadakan dan ujung-ujungnya delivery Mcd dari Salemba. hadeeh ini sih belajar sekalian pemborosan + gendutin badan, tengah malem kok makan begituan. macem mana pulaaa


yaudah lah, panjang banget sih tulisan gue. Intinya sih semua ada masanya, dulu ngalamin yang namanya pusing belajar buat UN, trus galau belajar buat SNMPTN, pas kuliah otak diperes buat nguasain materi-materi dari dosen, sampe akhirnya sekarang udah tiba masanya dimana harus pusing mikirin yang namanya tugas akhir.  Ya gitu deh, namanya juga hidup, terus berjalan dari satu fase ke fase selanjutnya, intinya sih tetep semangat ajaa. nikmati setiap fase kehidupan yang sedang dijalani, karena mungkin suatu saat nanti, hal itulah yang bakal kita rindukan. ih shedaap, ngomong apa gue barusan? ckck

Good bye UAS ! nih ada quote dari orang, gue lupa siapa yang nulis, dulu nemu di twitter ...

"Bila kamu tak tahan lelahnya belajar, maka kamu akan menanggung perihnya kebodohan."

tetap SEMANGAT belajar ya, demi orang tua, demi diri sendiri dan demi cita-cita. Bissmillah !!!
Wassalam.






2 komentar:

  1. Tapi masih ada ujian yg lebih berat di institusi yg bernama "Kampus Kehidupan".

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya yaa, semua orang pasti bakal masuk kampus kehidupan. semoga smua bisa jd wisudawan terbaik dr kampus kehidupan :D

      Hapus